Artikel Tentang Rumah Adat Lampung

Artikel Tentang Rumah Adat Lampung

Kebudayaan di lampung merupakan perpaduan kebudayaan arab cina dan india. Upacara adat lampung lengkap penjelasannya seperti daerah lainnya secara garis besar upacara adat di provinsi lampung dikelompokkan menjadi dua.

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade

Provinsi lampung menyimpan aneka ragam kekayaan alam maupun budaya.

Artikel tentang rumah adat lampung. Rumah adat lampung lampung adalah sebuah provinsi yang terletak paling ujung di pulau sumatera. Rumah adat di indonesia yang satu ini sudah sangat jarang sekali ditemukan di lampung. Oleh karena itu selain dihuni oleh suku asli lampung beberapa suku pendatang seperti jawa sunda bugis bali dan lain sebagainya kini juga bermukim dan membaur di sana.

Di antara budaya lampung tersebut yang masih tetap lestari misalnya budaya arsitektur yang dapat dijumpai pada bangunan rumah adattradisinya sendiri. Pakaian adat lampung adalah peninggalan budaya lampung yang sangat khas dan memiliki nilai seni yang tinggi. Ijan geladak yaitu tangga masuk yang dilengkapi dengan rurung agung atau atap.

Bangunan tempat tinggal disebut lamban lambahana atau nuwoubangunan ibadah disebut mesjid mesigit surau rang ngaji atau pok ngajeibangunan musyawarah disebut sesat atau bantaianbangunan penyimpanan bahan makanan dan benda pusaka disebut lamban pamanohan. Nah itulah 9 rumah adat di indonesia yang seluruhnya terletak di pulau sumatera. Pakaian ini juga kadang digunakan dalam pertunjukan seni tari daerah lampung seperti tari sembah tari bedana dan lain sebagainya.

Pertama upacara adat yang berhubungan dengan daur hidup atau lingkaran hidup kehamilan kelahiran masa kanak kanak masa dewasa perkawinan dan kematian. Kebudayaan lampung meliputi rumah adat berbagai tarian tradisional pakaian adat juga berbagai kuliner khas. Jika tadi sudah mengetahui beberapa jenis dari rumah adat sekarang kita mengenal lebih jauh tentang bagian bagian yang ada pada rumah adat lampung.

Pada umumnya bagian bagian rumah adat lampung adalah sebagai berikut. Selain rumah adat tarian dan juga ada istiadat lainnya provinsi lampung yang memiliki moto sang bumi ruwai jurai ini juga memiliki alat musik tradisional provinsi lampung yang harus kita ketahui dan sekaligus dilestarikan. Rumah adat lampung lengkap gambar dan penjelasannya rumah adat tradisional lampung umumnya terdiri dari beberapa jenis bangunan.

Hal tersebut tidak terlepas dari sejarah yang menyebutkan lampung sebagai jalur perdagangan dunia sehingga banyak budaya dari luar indonesia yang mempengaruhi kebudayaan lampung. Di masa silam provinsi ini menjadi tujuan transmigrasi yang paling utama bagi masyarakat jawa. Pakaian adat ini sering digunakan para pengantin sebagai simbol kebesaran budaya lampung.

Ada beberapa keunikan sendiri yang bisa kita temukan dari rumah adattradisi yang pupuler ini. Koran pertama di lampung adalah harian tamtama 4 oktober 1968. Rumah adattradisi lampung atau yang bernama nuwou sesat adalah bukti eksistensi suku asli lampung di masa kelam.

Proses integrasi dan akulturasi budaya yang berjalan begitu cepat di lampung adalah penyebab utamanya. Rumah tradisional adat lampung yaitu nuwo sesat memiliki ciri khas seperti berbentuk panggung atap terbuat dari anyaman ilalang terbuat dari kayu.

Gambar Rumah Adat Lampung Sejarah Negara Com

Rumah Adat Bengkulah Dibangun 1897 Bertahan Hingga Zaman Now

Bangunan Bersejarah Di Lampung Salah Satunya Sering Kamu Lewati

Keunikan Rumah Adat Tradisional Nuwo Sesat Daerah Lampung

Model Rumah Tradisional Dan Modern Rumah Adat Lampung Selatan


0 Response to "Artikel Tentang Rumah Adat Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel