Atap Rumah Adat Batak

Atap Rumah Adat Batak

Ahli bangunan adat arsitek tradisional suku batak disebut pande. Lumbung padi itulah yang ada di depan rumah dan dibatasi dengan pelataran luar.

Rumah Adat Sumatera Utara Gps Wisata Indonesia

Bentuk atap dari rumah adat ini mengambil ide dari punggung hewan kerbau yang berbentuk melengkung.

Atap rumah adat batak. Pelataran tersebutlah yang memiliki fungsi. Tiang penyangga rumah adat batak simalungun disusun bersilang secara horizontal dan menumpu di atas pondasi umpak. Rumah adat batak daya tarik lain dari samosir bukan hanya suku bataknya saja tetapi juga rumah adat batak.

Bahan bahan bangunan terdiri dari kayu dengan tiang tiang yang besar dan kokoh. Rumah adat batak adalah rumah bolon yang biasanya terdiri dari dua bagian yaitu rumah dan sopo lumbung padi. Berbicara mengenai rumah adat batak toba tentu tidak akan terlepas dari bentuknya yang terbilang mudah untuk dikenali.

Bahan pembuatannya pun rata rata dari kayu dan memiliki atap berbentuk segitiga melengkung. Ukuran atapnya lebih besar dari rumah adat batak lainnya dan didesain dengan bentukan yang cukup rumit. Meski memiliki nama yang sama namun secara arsitektur rumah adat bolon ala adat batak simalungun memiliki perbedaan dengan rumah bolon ala batak toba.

Desain atap ini juga menggambarkan status sosial pemilik rumah yang menempatinya. Konsep ini sengaja diadopsi agar bagian atap dari rumah adat ini terlihat lebih aerodinamis ketika melawan angin dari danau. Perbedaan tersebut terletak pada tiang penyangga gaya atap dan dekorasinya.

Rumah adat ini berbentuk persegi panjang serta termasuk kategori rumah panggung. Rumah adat batak toba berdasarkan fungsinya dapat dibedakan ke dalam rumah yang digunakan untuk tempat tinggal keluarga disebut ruma dan rumah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan lumbung disebut sopo. 2d 3d interior 082366816648.

Rumah adat batak ini memiliki konstruksi rumah yang terlihat megah yang tercipta daro desain atapnya. Seperti rumah tradisional lain rumah adat batak merupakan mikro kosmos perlambang makro kosmos yang terbagi alas 3 bagian atau tritunggal banua yakni banua tongga bawah bumi untuk kaki rumah banua tonga dunia untuk badan rumah banua ginjang singa dilangit untuk atap rumah. Bagian atap merupakan bagian paling atas dari rumah asli batak ini.

Rumah adat bolon ini biasanya disebut rumah balai batak toba dan telah diakui oleh nasional sebagai perwakilan rumah adat sumatera utara. Design perumahan ruko rumah pribadi villa apartemen. Dinding dari papan atau tepas lantai juga dari papan sedangkan atap dari ijuk.

Doc Rumah Adat Angela Sapulete Academia Edu

Nama Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Gambar Penjelasannya

140124 Filsafat Ilmu Filosofi Rumah Adat Batak

Atap Rumah Tradisional Simbol Budaya Ikonis Kilaskementerian

Mengulik Arsitektur Rumah Batak Toba Suaramerdeka Com Cyber News


0 Response to "Atap Rumah Adat Batak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel