Apa Rumah Adat Sumatera Barat

Apa Rumah Adat Sumatera Barat

Masyarakat suku minangkabau dari provinsi yang beribukota di kota padang ini memang diketahui sangat kuat. Rumah adat sumatera yang kedua adalah rumah adat sumatera barat atau rumah gadang.

Tmii Rumah Adat Sumatera Barat Foto Kelana Flickr

Selain terkenal dengan rumah gadangnya sumatera barat juga terkenal dengan budaya budayanya yang lain.

Apa rumah adat sumatera barat. Dari pulau terbesar ini pulau sumatera adalah salah satu yang terbesar dan terbagi menjadi beberapa provinsi. Rumah gadang adalah nama untuk rumah adat minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi sumatra barat indonesia. Rumah adat ini punya keunikan tersendiri bisa dilihat dari arsitektur bentuk dan warnanya.

Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama rumah baanjuang. Rumah adat sumatera barat sumatera barat ibukota adalah kota padang. Rumah adat sumatera barat indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pulaunya terbanyak di dunia dari puluhan ribu pulau di indonesia ada 5 pulau utama yaitu kalimantan jawa sumatera sulawesi dan papua.

Suku minangkabau yang merupakan penduduk yang menghuni wilayah padang memang dikenal sebagai masyarakat yang sangat kuat dalam mempertahankan kebudayaannya. Pakaian adat sumatera barat sumatera barat sebagai kota yang dikenal sebagai serambi mekkah memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Rumah adat gadang atau rumah godang adalah nama bangunan khas yang sering kita jumpai di daerah sumatera barat.

Banyak sekali keunikan yang ada di provinsi ini yang telah menjadi ciri khas daerah seperti rumah adat sumatera barat tarian daerah alat musik daerah. Salah satunya adalah rumah adat bernama rumah gadang. Rumah adat sumatera barat adalah rumah tradisional atau rumah adat yang banyak dijumpai di provinsi sumatera barat.

Jadi tak heran jika kemudian rumah ini disebut juga dengan rumah bagonjong atau rumah baanjung. Rumah gadang merupakan rumah tradisional etnis minangkabau dan penyebarannya merata di kota kota sumatera barat. Bangunan adat tersebut juga sering disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong dan ada juga yang menyebutnya dengan rumah baanjuang.

Kepulauan mentawai dan pulau lain di samudera hindia bahkan masih masuk dalam wilayahnya. Apa itu rumah adat sumatera barat. Rumah adat sumatera barat sumatera barat merupakan salah satu provinsi di indonesia yang letaknya di tengah pulau sumatera dengan menjadikan padang sebagai ibu kotanya.

Provinsi ini terletak di sebelah barat pulau sumatera seperti namanya. Pada dasarnya rumah ini adalah rumah adat suku minagnkabau yang juga memiliki sebutan lain yaitu rumah godang. Di bagian barat pulau ini juga masih terdapat pulau pulau kecil lainnya.

Kebudayaan yang terpupuk subur sejak masa silam tersebut hingga kini bahkan tetap terjaga dengan baik. Pakaian adat sumatera barat selain masakannya yang sangat familiar baik di kancah nasional maupun mancanegara sumatera barat juga dikenal memiliki kebudayaan yang sangat menarik. Rumah ini adalah salah satu rumah panggung yang memiliki ukuran yang besar dan berbentuk persegi panjang.

Yuk langsung saja simak pembahasan mengenai keunikan rumah adat sumatera barat di bawah ini. Sesuai namanya sumatera barat memang terletak di sepanjang pesisir barat pulau sumatera. Sumatera barat memang didominasi oleh masyarakat beragama islam.

Tmii Rumah Adat Sumatera Barat Nusantara Sangat Kaya Denga Flickr

Rumah Gadang Arsitektur Yang Menjadi Wajah Minangkabau Situs

Rumah Adat Sumatra Barat Budaya Indonesia

Rumah Gadang Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Rumah Adat Sumatera Barat Sumber Informasi Terpercaya


0 Response to "Apa Rumah Adat Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel