Bagi Daerah Gorontalo Rumah Adat Mereka Disebut

Bagi Daerah Gorontalo Rumah Adat Mereka Disebut

Kata dulohupa sendiri memiliki makna bermusyawarah atau bermufakat untuk memprogramkan rencana. 2 disember 2017 431 pg ekowantoblogger berkata.

34 Rumah Adat Dari Seluruh Provinsi Indonesia

Tangga rumah panggung ini berada di sisi kiri dan kanan yang disebut totihu.

Bagi daerah gorontalo rumah adat mereka disebut. Rumah adat ini digunakan sebagai tempat bermusyawarat kerabat kerajaan pada masa lampau. Upacara tradisional gorontalo tidak dapat dipisahkan dari agama dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat provinsi gorontalo. R umah adat dulohupa ini letaknya di kelurahan limba kecamatan kota selatan kota gorontalo.

Rumah dulohupa juga disebut yiladia dulohupa lo ulipu hulondhalo oleh penduduk gorontalo. Di dalam rumah adat dulohupa masyarakat adat gorontalo menggelar perlengkapan upacara adat perkawinan berupa pelaminan busana adat pengantin dan perhiasan lainnya. Dulohupa merupakan rumah panggung yang terbuat dari papan dengan bentuk atap khas daerah gorontalo.

231 tarian tarian yang cukup terkenal di daerah ini antara lain tari bunga tari polopalo tari danadana zamrah dan tari langga. Ciri khas rumah ini adalah teras rumahnya yang luas disanalah ruang tamu dan bale tempat santai pemilik rumah berada semi terbuka hanya di batasi pagar setinggi 80 cm dan biasanya lantainya lebih tinggi dari permukaan tanah dan terdapat tangga terbuat dari batubata di semen paling banyak 3 anak tangga. Selain menjadi salah satu suku tertua di nusantara suku gorontalo pun menjadi salah satu dari 19 daerah adat di nusantara.

Upacara adat gorontalo lengkap upacara adat atau upacara tradisional adalah upacara yang diselenggarakan menurut adat istiadat yang berlaku di daerah setempat. Maaf mau tanya apa memang di gorontalo daerah boroko ada adat untuk pelepasan dan bagaimana prosesinya. Upacara diadakan di rumah kedua mempelai yakni.

Oleh karenanya pasti memiliki kearifan lokal yang luhur. Lagu lagu daerah gorontalo yang cukup dikenal oleh masyarakat gorontalo adalah hulandalo lipuu gorontalo tempat kelahiranku ambikoko nama orang mayiledungga telah tiba mokarawo membuat kerawang tobulalo lo limuto di danau limboto dan binde biluhuta sup jagungdan berikut beberapa lirik dari setiap lagu yang telah disebutkan tadi. Rumah adat gobel adalah salah satu rumah adat yang berlokasi di tapa bone bolango.

Gorontalo memiliki 2 bentuk rumah adat yang bernama bandayo poboide dan dulohupa. Rumah adat ini berbentuk rumah panggung yang badannya terbuat dari papan dan struktur atap bernuansa daerah gorontalo. Pada bagian belakang ada ajungan tempat para raja dan kerabat istana untuk beristirahat atau bersantai sambil melihat kegiatan remaja istana bermain sepak raga.

Telah memberikan inspirasi kemenangan bagi warga gorontalo. Selain itu masyarakat gorontalo juga memiliki rumah adat yang lain yang disebut dulohupa yang terletak di di kelurahan limba u2 kecamatan kota selatan kota gorontalo. Gorontalo sebagai salah satu suku yang ada di pulau sulawesi memiliki aneka ragam kesenian daerah baik tari lagu rumah adat dan pakaian adat.

Rumah bapang atau sering disebut rumah kebaya.

Bupati Nelson Pomalingo Resmikam 75 Unit Mahyani Tajam Dan

34 Rumah Adat Dari Seluruh Provinsi Indonesia

Rumah Adat Nusa Tenggara Timur Pewarta Nusantara

Rumah Adat Sulawesi Utara Sejarah Dan Penjelasan Lengkap

Habibie Dalam Ingatan Orang Gorontalo Antara News Bengkulu


0 Response to "Bagi Daerah Gorontalo Rumah Adat Mereka Disebut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel