Atap Rumah Adat Aceh Terbuat Dari

Atap Rumah Adat Aceh Terbuat Dari

Hal ini merupakan simbol mengenai sifat religius dari masyarakat suku aceh. Ada satu hal yang lebih unik lagi.

34 Rumah Adat Dan Asalnya Beserta Gambar Penjelasan Lengkap

Oleh karena itu budaya aceh seringkali tercipta dari campur baur antara budaya melayu budaya islam.

Atap rumah adat aceh terbuat dari. Rumah adat aceh umumnya memiliki anak tangga dengan jumlah ganjil sekitar tujuh sampai sembilan anak tangga. Jika rumah adat di daerah yang lain berukuran besar rumah adat papua barat memiliki ukuran yang minimalis dan tergolong sempit. Bentuk rumah krong bade persegi panjang dan memanjang dari timur ke barat dengan atap rumah terbuat dari daun rumbia.

Ketika gempa tiang tiang rumah yang terikat kuat biasanya hanya akan bergoyang tanpa merobohkan rumah tersebut. Salah satu ciri khas rumah krong bade yaitu dengan adanya tangga di bagian depan rumah sebagai jalur utama untuk menuju pintu masuk rumah. Dinding rumah terbuat dari kayu dan dihiasi dengan lukisan.

Rumah adat krong bade mempunyai bentuk persegi panjang dan dibuat memanjang dari arah timur ke barat. Atap rumah adat krong bade terbuat dari daun rumbia serta lantainya terbuat dari bambu atau enau. Kayu bambu pada bagian dinding.

Rumah adat di aceh juga terkenal tahan akan gempa. Rumah adat krong bade atau juga biasa disebut rumoh aceh adalah sebuah rumah dengan struktur panggung dengan tinggi tiang 25 sd 3 meter dari permukaan tanah. Rumah adat aceh aceh memang lekat dengan budaya islam karena aceh memang merupakan salah satu pintu masuk penyebaran agama islam di indonesia.

Serta karakteristik atap rumah badui terbuat dari ilalang struktur pembuatan rumah adat badui terbuat dari. Rumah adat aceh luasnya wilayah yang dimiliki oleh negara kita membuat indonesia dijejali dengan beragam budaya dan sukutidak heran jika setiap wilayah pasti dihuni oleh suku tertentu yang juga mengadopsi dan menjunjung tinggi budaya tertentu. Rumah honai adalah rumah adat dari papua barat dengan bangunan yang cukup unik bagaikan jamur yang tersebar rata di seluruh desa.

Dan tiangnya terbuat dari batu. Rumah adat ini terbuat dari kayu dan jerami ilalang yang disusun rapi padat. Filosofi rumah adat aceh yang menggunakan bahan dari alam ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat aceh pada allah swt karena karunia yang sudah diberikan berupa sumber daya alam yang melimpah.

Meskipun terbuat dari alam rumah adat aceh yang berbentuk rumah panggung itu dapat kokoh hingga 200 tahun loh. Rumah adat ini masih dengan mudah dapat kita jumpai di beberapa daerah perosok ujung kulon dan beberapa di pedesaan di daerah banten. Seperti aceh misalnya wilayah yang berada di bagian ujung dan paling barat ini memiliki sejumlah budaya yang menjadi warisan dari leluhur mereka.

Keseluruhan rumah ini dibuat dari bahan kayu kecuali atapnya yang terbuat dari bahan daun rumbia atau daun enau yang dianyam serta lantainya yang dibuat dari bambu. Salah satu bukti dari akulturasi kedua budaya tersebut adalah rumah adat aceh atau rumoh aceh. Meski terbuat dari bahan alami dan sederhana namun bangunan ini bisa berdiri kokoh hanya sudah lebih dari 200 tahun.

Rumah adat aceh krong bade terdiri dari 4 bagian. Melihat denah dan tata ruangnya rumah adat aceh terbagi menjadi 4 bagian berdasarkan fungsinya masing masing.

Rumah Adat Kalimantan Tengah Pdf Document

Rumah Adat Aceh Krong Bade Gambar Dan Penjelasannya Adat

Rumah Adat Nangroe Aceh Darussalam Pewarta Nusantara

Nama Rumah Adat Aceh Beserta Gambar Penjelasannya

Wow 8 Rumah Adat Indonesia Ini Diyakini Tahan Gempa Dream Co Id


0 Response to "Atap Rumah Adat Aceh Terbuat Dari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel